Ungkap Sindikat Penipuan Online

By | January 22, 2018

 

 

Subdit IV Cyber Crime Direktorat Reskrimsus Polda Metro Jaya meringkus wanita berinisial DL alias GA (42). Yang mana modus operandi yang digunakan oleh tersangka adalah penipuan melalui email. Sindikat penipuan ini sudah meraub miliaran rupiah terhadap korbannya.

Kabid Humas Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan. Subdit IV/Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya mengungkap sindikasi Internasional Pelaku Penipuan Online dengan metode Business Email Compromise melibatkan 4 negara (Nigeria, Indonesia, Philipina, Malaysia) Argo Yuwono menjelaskan, pengungkapan kasus diawali dari laporan Steven Leonardi yang tengah melakukan transaksi untuk pembelian vaksin ayam dari Singapura melalui email. Komunikasi awal Steven dengan sebuah perusahaan dimulai pada 1 Februari 2016.

“Kemudian, pada 20 Februari 2016, korban menerima email dari tersangka yang berisikan perubahan no rekening,” ujar Argo di Polda Metro Jaya, Selasa (16/1).

Tersangka, kata Argo, menggunakan email yang serupa dengan email perusahaan. Seolah kasat mata seperti email asli. Isinya adalah perubahan rekening tujuan ke perusahaan.

“Sebelumnya, email resmi perusahaan adalah bestar_int@bestar.com.tw. Sedangkan email yang digunakan oleh tersangka adalah bestar_int@bestar-tw.com,” ujarnya.

Buntutnya, lanjut Argo, pada 29 Februari 2016, tanpa melakukan konfirmasi, Steven langsung mengirim ke rekening yang telah dikirim oleh penipu.  ”

Jumlah yang ditransfer adalah USD 31.331,60 atau sekitar Rp 400.000,000,” katanya.

Dalam melakukan aksinya, tersangka menggunakan sebuah virus yang ada di internet untuk membohongi korban.

“Tersangka menggunakan virus trojan. Seperti namanya, virus ini dilegitimasi oleh sistem, sehingga bisa masuk ke dalam sistem. Terus, secara acak dia mencari email yang sedang melakukan transaksi. Jadi korbannya secara acak,” katanya.

Atas perbuatannya, pelaku terancam pasal berlapis. Mulai dari Undang-Undang ITE hingga Tindak Pidana Pencucian Uang.

“Pelaku terancam pidana kurungan antara lima sampai 20 tahun penjara,” pungkasnya. (np)

 

One thought on “Ungkap Sindikat Penipuan Online

  1. Nindy

    Bravo Cyber Crime PMJ !!
    Berantas tuntas pelaku2 kejahatan media sosial !!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *